Tips Diving Menarik di Labuan Bajo



Siapa bilang Indonesia bagian timur merupakan daerah gersang dan tidak menarik? Jangan salah, Anda akan mendapatkan ratusan surga tersembunyi di daerah timur Indonesia. Salah satunya adalah kota Labuan Bajo di Flores Nusa Tenggara Timur. NTT terkenal dengan spesies langka Komodo yang menjadi tujuan utama para turis mancanegara. Namun, di Labuan Bajo juga memilki kegiatan diving atau menyelam yang tak kalah menariknya. Bahkan memiliki sekitar 42 titik diving dengan berbagai keunikan terumbu karang dan ribuan spesies ikannya. Salah satunya yang sangat terkenal adalah ikan pari manta yang berada di manta point di Pulau Kenawa.
Bagi Anda yang ingin diving atau snorkeling dan mendapatkan pemandangan menakjubkan, berikut beberapa tips sebelum diving Anda:

1. Pastikan keamanan diving Anda dengan memeriksa peralatannya.

Sebelum menyelam, tidak ada salahnya memeriksa peralatan menyelam Anda apakah masih berfungsi atau tidak meski telah dilakukan berulang kali. Ingat, savety first dan paling utama. Jika Anda masih pemula, gunakan pelampung yang disediakan dan pastikan pelampung tersebut pas di badan Anda. Ikuti semua petunjuk dan arahan instruktur Anda.

2. Jangan lupa kamera bawah laut dan baju renang.

Membawa kamera yang kedap air atau mempunyai chasing underwater adalah penting saat menyelam apalagi di manta point dimana menyentuh ikan pari manta adalah kesempatan langka dan harus diabadikan. Juga jangan lupa mengenakan baju renang yang menutupi seluruh tubuh karena di dalam air banyak ubur-ubur kecil yang akan menyengat sehingga baju renang tertutup dapat melindungi Anda dari sengatan tiba-tiba ubur-ubur. Terutama di manta point, dimana ubur-ubur kecil adalah makanan ikan pari manta sehingga Anda harus menggunakan baju renang tertutup jika tidak ingin disengat.

3. Perhatikan arus laut terutama orang di sekitar.

Saat menyelam Anda harus selalu memperhatikan arah arus laut karena kadang arus laut cukup kencang dan bisa berbahaya bagi Anda. Usahakan jangan berenang melawan arus karena Anda bisa kehabisan tenaga nantinya, terutama jika Anda diving di manta point dimana arus lautnya cukup kencang. Dan pastikan Anda memperhatikan orang di sekitar Anda. Jangan sampai karena keasyikan berfoto atau menikmati pemandangan bawah laut Anda tertinggal dari rombongan Anda atau teman Anda yang tertinggal. Karena biasanya orang diving itu berada di tengah laut, ini bisa berbahaya bagi Anda atau teman Anda ketika arus laut sedang kencang dan Anda terpisah dari rombongan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika diving di Labuan Bajo terutama spot diving terkenal manta point tempat tinggal ikan pari manta. Pastikan selalu mengutamakan keselamatan Anda dan keluarga, dan abadikan momen-momen indahnya dengan diving menarik Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar