Macam-Macam Peralatan Selam Dasar


Bagi kita yang masih pemula dalam hal kegiatan menyelam, maka salah satu hal yang harus kita perhatikan di samping teknik menyelam adalah peralatan yang digunakan untuk menyelam. Ada berbagai peralatan pendukung yang harus kita kenakan saat berada di bawah permukaan air dalam waktu lama. Terutama yang harus kita ketahui adalah berbagai peralatan selam dasar. Peralatan dasar ini harus digunakan untuk menjamin keselamatan di bawah air. Biasanya di tempat snorkeling atau diving akan tersedia penyewaan alat selam ini. Sebelum menggunakannya dan mulai menyelam, kita harus tahu dulu apa saja alat-alat tersebut dan fungsinya masing-masing.

Rompi Agung

Peralatan ini akan digunakan dalam keadaan darurat, namun saat menyelam juga biasa digunakan. Fungsi utamanya adalah agar penyelam bisa terapung di atas permukaan air sembari berenang, istirahat di permukaan air, netralisasi keterapungan serta penyelamatan diri sendiri maupun orang lain. Jenis rompi apung di antaranya adalah life vest atau standard safety vest serta bouyancy compensator atau BC. Pemilihan rompi harus disesuaikan dengan keperluannya serta ukuran badan. Yang umum dipakai sekarang ini adalah jenis BC. Perawatan rompi setelah digunakan harus ditiup serta dibalikkan ke arah bawah agar air bisa dikeluarkan melalui pipa peniup tersebut. Bilas menggunakan air tawar di bagian luar serta bilas menggunakan air hangat di bagian dalam. 

Pakaian Selam

Fungsi utama dari pakaian selam ialah memperlambat proses kehilangan panas tubuh dikarenakan air hangat antara pakaian selam serta kulit. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi tubuh dari goresan karang serta sengatan biota laut. Jenis pakaian selam ada dua, yaitu wet suit yang bisa basah oleh air namun menghalangi sirkulasi air serta dry suit yang terbuat dari karet. Dry suit juga memiliki ruang udara di antara pakaian selam luar serta dalam. Pemilihan pakaian selam harus sesuai kebutuhan dan juga ukuran tubuh. Penyelaman di daerah dingin sebaiknya menggunakan dry suit agar tubuh tetap hangat. Pakaian pelindung yang umum digunakan sekarang ini ialah foam neporene wet suit yang terbuat dari material karet neoprene.

Sabuk Pemberat

Peralatan dasar selam selanjutnya ialah sabuk pemberat. Alat ini diperlukan karena tubuh manusia mendapat daya apung ke atas dalam air sebesar tiga kilogram atau bahkan lebih. Wet suit dari karet neoprene akan menambah daya apung kita menjadi lebih besar sehingga penyelam bisa dengan mudah masuk dalam air. Jenis sabuk pemberat terdiri dari weight belt yang memiliki pemberat timah serta weight pack yang sudah jarang digunakan karena tidak dapat dilepaskan saat dalam keadaan darurat. Weight belt lebih mudah digunakan dan umumnya harus dilengkapi pula dengan gesper pengancing.
Previous
Next Post »
0 Komentar