Pentingnya Mengetahui Arti Zakat Secara Luas

Zakat itu penting untuk kita ketahui dan kita pahami karena zakat wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim. Setidaknya minimal setahun sekali kita mengeluarkan kewajiban tersebut untuk diberikan kepada sesama umat muslim yang lebih membutuhkan. 

Macam-macam zakat dalam islam yang harus dipahami


Berikut akan dijelaskan macam-macam zakat dalam islam berdasarkan jenis dan ketentuan zakat itu sendiri.

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan jenis zakat yang wajib dikeluarkan tepat setelah terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan. Bagi umat muslim yang tidak melaksanakan zakat fitrah maka hukumnya adalah dosa bagi mereka dan keluarga. Zakat fitrah juga wajib ditanggung oleh satu kepala keluarga atau pimpinan keluarga untuk membantu sesama umat muslim. Jumlah yang harus dikeluarkan adalah sebanyak satu sha’ (3,5 liter/2,5 kg) per jiwa. 

Zakat jenis ini merupakan zakat dengan bentuk sembako seperti makanan pokok. Sangat bermanfaat memerangi jiwa-jiwa yang kelaparan diluar sana. Sesaat setelah melaksanakan zakat fitrah dapat dipastikan diri Anda akan kembali suci dari berbagai amalan buruk yang pernah diperbuat. 

2. Zakat Maal

Zakat Maal merupakan zakat yang hukumnya juga wajib bagi umat muslim yang dirasa mampu oleh Allah SWT. Zakat maal merupakan zakat yang berbentuk harta benda dan dipercaya mampu menekan tingkat kemiskinan di dunia. Orang-orang yang ingin melaksanakan zakat maal harus memiliki beberapa persyaratan diantaranya, harta tersebut sepenuhnya milik diri sendiri, harta memiliki potensi untuk berkembang, harta tersebut harus mencapai nishabnya terlebih dahulu sebelum dizakatkan dan orang yang ingin berzakat harus terbebas dari hutang apapun.

Kemudian akan dijelaskan juga jenis-jenis harta yang termasuk zakat maal, diantaranya yaitu:

· Hewan Ternak
Hewan-hewan tersebut meliputi unta, sapi, kerbau, kambing, domba, ayam, itik dan burung.

· Hasil Pertanian
Untuk Anda yang memiliki lahan pertanian, diwajibkan untuk menzakatkan hasil pertanian Anda yang berupa biji-bijian, sayur-sayuran, umbi-umbian, buah-buahan, rumput, dedaunan dan lain-lain.

· Harta Jual-Beli
Harta ini berupa barang-barang atau alat-alat yang biasa diperjual belikan pada usaha atau bisnis Anda seperti pakaian, perhiasan, dan barang-barang lainnya.

· Harta Emas & Perak
Emas dan perak merupakan dua benda berharga yang nilainya tidak akan pernah turun malah akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Karena itu wajib hukumnya menzakatkan emas dan perak.

Berikut adalah macam-macam zakat dalam islam yang wajib dipahami oleh seluruh umat muslim. Hal ini penting karena saat zakat kita wajib tahu berapa kapasitas yang harus dizakatkan, hukumnya bagaimana, lalu persyaratannya apa saja agar kita tidak salah saat melaksanakannya. 

Macam-macam zakat dalam islam memiliki arti dan pengertian yang luas, namun intinya zakat adalah kewajiban yang minimal harus dilaksanakan setahun sekali untuk membuktikan bahwa kita adalah umat muslim yang taat. 
Previous
Next Post »
0 Komentar