Jenis-Jenis Peralatan Dasar Selam


Menyelam di kedalaman air laut merupakan hobi bagi sebagian orang. Untuk dapat melaksanakan kegiatan ini, terdapat aneka peralatan yang harus dikenakan. Peralatan ini akan membantu agar kita dapat berenang dan menyelam di bawah air dengan lebih mudah dan cepat serta tetap aman. Terdapat beragam jenis peralatan selam yang dibedakan menjadi dua macam, yaitu peralatan dasar dan peralatan tambahan. Peralatan dasar harus digunakan baik bagi penyelam pemula maupun profesional. Sementara peralatan tambahan biasanya hanya akan digunakan oleh profesional yang menembus hingga kedalaman laut. 

Berikut adalah beberapa dari peralatan dasar selam yang harus kita gunakan saat melakukan aktivitas diving atau snorkeling.

1. Pertama ada pisau selam. Pisau ini adalah alat serbaguna yang bisa digunakan untuk menggali, menolong hingga mengukur. Pisau selam terbuat dari logam antikarat atau stainless steel, memiliki gerigi serta bisa digunakan untuk memotong tali dalam air. Pisau umumnya akan dipasang pada betis sebelah dalam guna menghindari tersangkut di rumput laut. Tulisan pada pisau selam biasanya adalah SS.320 ataupun SS.420. Arti dari tulisan SS.320 adalah kandungan karbon di dalamnya lebih sedikit daripada SS.420.

2. Kedua adalah sarung tangan. Peralatan ini merupakan tambahan dari pakaian selam. Gunanya adalah untuk melindungi tangan dari bahaya goresan dan lain sebagainya. Tangan penyelam dapat menjadi lebih lembut saat terendam air dan jika tergores akan lebih sulit untuk menghentikan pendarahannya.

3. Ketiga ada gear bag atau tas selam. Gunanya adalah untuk menyimpan aneka piranti selam supaya tidak tercecer. Dapat pula untuk melindungi peralatan selam dari terik panas matahari. Kita dapat menggunakan tas yang ukurannya besar sehingga dapat digunakan untuk mengangkut peralatan selam di perjalanan ataupun di kapal. Tas harus kuat dan juga tahan air karena medan penyelaman yang jauh serta tentunya basah. Pilih tas selam yang dapat memuat fins, masker, snorkel serta BC. Gunakan juga bukaan tipe metal dan hindari tas yang menggunakan resleting.

Di samping aneka peralatan dasar selam di atas, masih ada lagi peralatan tambahan yang biasanya juga akan turut digunakan. Di antaranya adalah scuba atau Self Contained Undewater Breathing Apparatus. Peralatan selam ini bisa dibawa ke mana saja dalam waktu tertentu. Perlengkapan scuba ini memiliki empat sistem yaitu sistem sirkulasi tertutup, sirkulasi terbuka, sirkulasi semi tertutup dan gas campuran sirkulasi tertutup. Dari keempat sistem tersebut yang biasa digunakan adalah sistem terbuka. Dalam sistem sirkulasi terbuka, udara yang berasal dari penyelam akan langsung dibuang keluar. Sistem ini akan mempermudah pengawas di atas guna mengetahui posisi penyelam. Caranya adalah dengan melihat gelembung udara karena akan muncul di atas permukaan air.
Previous
Next Post »
0 Komentar