Memilih Hewan Kurban dan Jual Hewan Kurban


Apa saja yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih hewan kurban? Hari haya Idul Adha adalah hari raya umat Islam yang mana pada saat hari raya tersebut dan tiga hari setelahnya, kita dapat melaksanakan ibadah kurban. Adapun kegiatan kurban adalah kegiatan menyembelih hewan ternak yang sesuai dengan syariat dan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Oleh sebab itu, jauh hari sebelum Idul Adha, sudah banyak tempat jual hewan kurban yang menawarkan hewan ternak terbaik untuk dikurbankan. Pada saat hari raya Idul Adha dan tiga hari setelahnya, kita tidak diperbolehkan berpuasa. Semua orang bersuka cita dan dapat menikmati daging yang tidak setiap orang dapat menikmatinya di hari biasa karena harganya yang mahal. Melakukan kegiatan kurban dapat menjadi salah satu kegiatan yang sangat baik untuk berbagai sedikit kebahagiaan dengan sesama yang membutuhkan.

Banyaknya orang yang ingin melaksanakan kurban membuat bisnis di bidang jual hewan kurban menjadi salah satu bisnis musiman yang menguntungkan. Ada banyak lapak kaget yang menawarkan aneka hewan ternak, biasanya kambing dan sapi, menjelang hari raya Idul Adha. Bagi kita yang ingin melakukan pembelian hewan untuk kurban, mengetahui syarat hewan untuk kurban menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini berpengaruh pada sah tidaknya ibadah yang kita lakukan. Dengan mengetahui hewan seperti apa yang boleh dijadikan hewan kurban dapat menghindarkan kita dari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan membuat ibadah kurban kita sah dan sesuai dengan ketentuan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda praktekan saat mendatangi tempat jual hewan kurban untuk mengetahui apakah hewan tersebut layak dan sesuai dijadikan sebagai hewan kurban. Hewan kurban yang sesuai dengan syariat dapat diamati secara kasar dengan kasat mata. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan yang pertama adalah mengamati apakah ada cacat yang terlihat pada hewan tersebut. Cacat yang dimaksud dapat berupa anggota badan yang tidak utuh, buta, pincang, ekor putus, telinga sobek, dan tanda cacat serta kelainan lainnya. Yang selanjutnya adalah melihat bobot hewan ternak. Hewan ternak yang dipilih harus sehat, jangan pilih yang sangat kurus sampai tidak memiliki sumsum tulang. Pilih yang gemuk dan sehat. TAnda hewan sehat yang kasat masa misalnya mata yang tidak berair, badan berisi, nafsu makan baik, dan sebagainya. Yang selanjutnya adalah sesuaikan umur hewan. Umur hewan harus sudah memenuhi yang disyaratkan. 

Ada banyak tempat jual hewan kurban yang dapat Anda pilih. Memilih tempat yang tepat menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Anda juga dapat mencari tempat jual hewan yang sudah terpercaya sehingga semua hewan yang dijual adalah hewan yang berkualitas dan sesuai dengan syarat hewan untuk kurban. Semoga ulasan kali ini dapat menambah informasi bagi Anda. 
Previous
Next Post »
0 Komentar