Memilih Hewan Kurban di Tempat Jual Kambing Kurban

Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Jadi, sudah tentulah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dengan hari besar yang dimiliki oleh umat Islam. Islam memiliki 2 hari besar, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Hari raya Idul Fitri identik dengan hari saling maaf memaafkan, baik antar umat Islam atau dengan agama lainnya. Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar yang identik dengan proses penyembelihan hewan kurban. Hari besar yang satu ini juga kerap disebut dengan lebaran haji. Hal ini tentulah disebabkan karena jatuhnya hari besar tersebut bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Hari besar yang satu ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau berjarak 70 hari dari hari raya Idul Fitri. Hewan kurban merupakan hewan ternak berupa sapi, kambing, unta, atau lainnya yang disembelih atas nama Alah SWT dengan tujuan untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Akan ada banyak orang yang jual kambing kurban dan hewan kurban lainnya di beberapa tempat.



Kambing adalah salah satu hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan kurban. Hewan yang tergolong ke dalam hewan mamalia ini tampaknya menjadi hewan kurban favorit pilihan yang dapat Anda temui di tempat jual kambing kurban. Hal ini disebabkan karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sapi. Ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh kambing agar dapat dijadikan sebagai hewan kurban. Syarat yang pertama adalah dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Artinya, kambing tersebut tidak mengidap berbagai macam penyakit serta tidak dalam keadaan cacat seperti lumpuh, pincang, buta, dan lain sebagainya. Syarat yang kedua adalah harus telah memenuhi usia yang telah disyaratkan. Kambing yang diperbolehkan menjadi hewan kurban adalah kambing yang telah berumur 1 tahun atau lebih. Hal ini dapat Anda ketahui dengan melihat pergantian gigi susu menjadi gigi tetap. 

Syarat yang ketiga adalah diperoleh dengan cara yang baik. Hewan yang akan dijadikan hewan kurban tentulah tidak boleh dibeli dengan menggunakan uang haram, hasil rampasan, curian, judi, dan lain sebagainya. Selain beberapa syarat tersebut, ada beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh hewan tersebut agar dapat dijadikan hewan kurban. Ketika hari raya Idul Adha akan datang, tentunya akan begitu banyak pedagang yang menjual aneka hewan kurban. Di Indonesia, yang paling umum adalah kambing, domba, dan sapi. Kebanyakan dari mereka lebih memilih jual kambing kurban karena membutuhkan modal yang kecil serta mudah dalam perawatannya. 

Biasanya, ketika semakin mendekati hari raya Idul Adha, pedagang yang jual kambing kurban akan menaikan harga dari kambing kurban tersebut. Hal ini disebabkan karena semakin langkanya kambing kurban di berbagai peternak. Jadi, jika Anda adalah salah satu orang yang akan membeli hewan kurban, maka sebaiknya membeli hewan tersebut dari jauh hari.
Previous
Next Post »
0 Komentar