Pilih Mana Free Diving Atau Scuba Diving?

Scuba sendiri ialah singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus yang memiliki arti diving atau menyelam dengan bantuan peralatan oksigen. Dalam melakukan aktivitas scuba diving atau menyelam, tentu memiliki beberapa tahapan yang wajib diikuti.. Hal utama yakni tentu saja, pengenalan mengenai apa itu kegiatan yang di maksud scuba diving. Diving jenis ini sudah jelas membutuhkan banyak peralatan untuk melakukan penyelaman yakni baju selam, masker kacamata, sepatu katak, tabung oksigen, jaket penyangga oksigen, regulator, serta pemberat badan. Semua alat-alat tersebut tentunya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pastikan peralatan tersebut memiliki ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda.


Dalam melakukan kegiatan scuba diving berarti Anda siap berada lama di dalam air. Penelusuran alam dibawah laut pun akan semakin dalam dan jauh namaun menyenangkan. Tetapi jangan terlalu asyik karena adanya objek bawah laut yang indah. Perhatikan pula di sekitar Anda. Perhatikan arus, jangan sampai Anda terbawa arus karena kurang memperhatikan keadaan. Gunakan pernafasan Anda dengan tenang apabila ingin menghemat tabung oksigen serta dapat menyelam lebih lama sehingga dapat berada di dalam air.hingga puas. Jauh sebelum adanya alat scuba diving ,warga penduduk pesisir pantai sudah menguasai teknik menyelam tanpa bantuan alat, yang kini tekhnik tersebut dikenal dengan sebutan free dive. Tentunya berbeda dengan scuba diving, free dive tidak memerlukan alat bantuan dalam menyelam kecuali masker renang. Menurut beberapa orang, ini dari free dive adalah tidak boleh panic ketika menyelam. 

Teknik menyelam dengan free dive mengutamakan adanya ketahanan dan kekuatan paru-paru hingga berapa lama Anda dapat menahan nafas di bawah air. Apabila Anda ingin melakukan free dive perbanyaklah latihan dengan orang yang sudah berpengalaman. Latihan pun dapat dilaksanakan di dalam kolam renang dengan praktek langsung yang dilakukan di dalam perairan yang tenang. Pintar-pintarlah dalam mengatur oksigen yang ada pada paru-paru Anda, Jangan tunggu oksigen habis baru setelahnya naik pada permukaan, namun kebalikannya jangan terlalu cepat naik jika Anda masih merasa terdapat cukup oksigen dalam paru-paru Anda. Biasakan diri Anda supaya tetap berada pada kedalaman, karena semakin dalam, maka tekanan air laut akan semakin kuat, jangan terkejut dengan hal itu. Selanjutnya jangan panik saat muncul beberapa masalah. Kepanikan hanya akan membuat Anda yang menyelam kehabisan oksigen lebih cepat dari yang seharusnya. Itulah ulasan mengenai perbedaan scuba diving dengan free dive, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar