Ciri Ciri Terjadinya Awal Penyakit Diabetes



Diabetes tipe 2 atau disebut juga dengan kencing manis, merupakan penyakit metabolik yang terjadi akibat penurun fungsi ataupun jumlah hormon insulin dalam tubuh. Kadar gula darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Insulin berfungsi untuk memindahkan gula dari darah ke sel-sel tubuh yang akan mengubahnya menjadi energi. Zat gula yang berasal dari makanan diangkut ke dalam aliran darah kemudian dimasukkan ke dalam sel-sel jaringan tubuh dengan bantuan insulin. insulin tidak bekerja dengan baik, gula di dalam aliran darah akan sangat tinggi kadarnya melebihi ambang normal. Inilah dasar utama munculnya gejala-gejala diabetes, seperti sering kencing, mudah merasa lapar dan ingin makan terus, sering kehausan, badan yang lemas, dan lain sebagainya. Berikut gejala awal pada penyakit diabetes dan makanan untuk diabetes yang benar.

-Buang air kecil Dengan Volume Yang Banyak 

Peningkatan buang air kecil adalah tanda peringatan dini yang umum dialami oleh penyandang diabetes tipe 2 yang terjadi sebagai akibat langsung dari kelebihan gula darah atau glukosa. Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. Kelebihan cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.

-Rasa haus yang berlebihan 

Haus yang berlebihan adalah gejala lain dari diabetes tipe 2 yang biasanya menyertai sering buang air kecil. Tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena frekuensi buang air kecil yang terlampau sering. Pada pola ini sering menyebabkan rasa haus yang sulit untuk ditahan meskipun sudah begitu banyak jumlah cairan yang mereka minum. 


- Peningkatan Rasa Lapar 

Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik; sehingga secara alami tubuh akan memberi respon pada Anda untuk terus makan guna memperoleh lebih banyak energi, sehingga hal ini akan mengakibatkan meningkatkan rasa lapar. Kelenjar pankreas juga akan terpacu untuk menghasilkan insulin lebih banyak. 

-Penglihatan mulai kabur.

Kadar glukosa yang terlalu tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan penglihatan pasien diabetes. Pada penderita penyakit diabetes, gejala ini cenderung datang dengan cepat. Untungnya dapat cepat diperbaiki dengan menurunkan kadar gula darah dengan obat-obatan dan perubahan pola makan. Dapatkan berita kesehatan untuk menghindari diabetes khusus wanita di tips kesehatan wanita ini.
Previous
Next Post »
0 Komentar