Kuliner Khas Jawa Barat Yang Paling Populer


Terdapat banyak sekali kuliner di darerah jawa barat yang sangat menggugah selera semua orang. Kuliner khas jawa barat dikenal dengan cita rasa yang sungguh luar biasa dan mengugah selera masyarakatnya. Berikut ulasannya. Yang pertama adalah Sega lengko atau nasi lengko yakni makanan khas masyarakat daerah pantai utara (Bandung, Cirebon, tegal, brebes dan sekitarnya). Kuliner khas yang satu ini kaya akan protein serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan dalam makanan ini jauh dari kata berlemak atau non-hewani. Beberapa bahannya antara lain: nasi putih tahu goreng, tempe goreng, mentimun yang dicacah atau dipotong kecil-kecil. tauge yang sudah direbus kemudan daun kucai (dipotong kecil-kecil), lalu bawang goreng, serta bumbu kacang dengan kecap manis. Bumbu tersebut siap disiram dalam masakan. Tahu dan tempe goreng dipotong hingga kecil kemudian diletakkan di atas sepiring nasi. Untuk membuat masakan lebih enak taburi bawang goreng dengan sekeping kerupuk aci yang putih. 

Kemudian ada karedok. Karedok merupakan makanan kuliner khas daerah Jawa Barat, tepatnya daerah Jawa Barat. Masakan kuliner ini sangat unik karena semua jenis sayuran yang ada dalam keadaan segar atau tanpa melalui proses pemasakan sehingga memilii kandungan gizi dengan serat yang sangat kaya. Bahan dari karedok sendiri adalah kacang panjang yang masih muda, lalu ada daun kol, tauge, terong bulat, bengkuang, ketimun, emping dan beberapa pelengkap lainnya yang menambah cita rasa kuliner khas jawa barat ini. Kemudian ada makanan berupa Lotek yaitu jenis makanan dengan isi beberapa sayuran yang sudah dimasak kemudian disiram dengan menggunakan sambal yang terbuat dari bumbu kacang. Yang menjadi kuliner ini berbeda serta unik yakni bahan untuk sambalnya tidak hanya kacang namun juga ditambah dengan tempe dan dalam bumbunyan menggunakan telari, gula merah, serta bawang putih.

Kuliner khas jawa barat lainnya adalah batagor singkatan dari bakso tahu goreng. makanan dari daerah Sunda ini tentunya sudah tidak asing karena memang sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Makanan ini dibuat dengan tahu yang memilii isi bakso kemudian dibungkus dengan tepung lalu digoreng, yang terakhir disajikan dengan sambal kacang sesuai selera.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar