Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan


Menjelang Hari Raya Lebaran yang jatuh pada 15 hingga 16 Juni 2018, tiket kereta mudik Lebaran sudah bisa dipesan sejak Maret lalu. PT KAI Daop 6 Yogyakarta misalnya, telah melakukan aneka persiapan. Termasuk di antaranya adalah gerbong kereta api tambahan, perbaikan lokomotif, rangkaian KA baru hingga genset yang sudah mulai dioperasikan di Balai Yasa Yogyakarta. Pada Lebaran 2018 ini, terdapat hingga 6 kereta api tambahan yang akan beroperasi saat Lebaran. Kereta api tambahan ini meliputi KA Argo Lawu rute Gambir – Solo, KA Tasaka rute Gambir – Yogyakarta, KA Argo Dwipangga rute Gambir – Solo, KA Sancaka rute Yogyakarta – Surabaya serta KA Lodaya rute Bandung – Solo. 

Kereta api tambahan akan mulai dioperasikan pada tanggal 5 Juni mendatang. Kapasitas tambahan kereta-kereta ini mencapai 9400 tempat duduk per hari. Lebaran 2018 mendatang diprediksikan akan terjadi peningkatan penumpang hingga empat persen dibanding Lebaran 2017. Pemesanan tiket kereta mudik Lebaran akan secara resmi dibuka pada tanggal 16 April mendatang mulai pukul 00.00 WIB. Konsumen lebih diarahkan agar membeli tiket secara online guna menghindari antrean panjang yang mengular di loket stasiun. PT KAI turut melayani pemesanan tiket secara 24 jam nonstop melalui website kai.id, aplikasi KAI Access, gerai minimarket hingga jaringan PPOB. 


Loket reservasi di stasiun hanya akan melayani pemesanan mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, sementara pemesanan tiket kereta mudik melalui e-kios atau vending machine akan dilayani mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB. Arus mudik Lebaran sendiri diperkirakan akan mencapai puncah pada 13 Juni serta puncak arus balik akan terjadi pada 17 Juni. Untuk tambahan rangkaian KA baru yang telah beroperasi searang adalah KA Taksaka eksekutif jurusan Yogyakarta – Gambir serta KA Mataram Premium ekonomi plus jurusan Lempuyangan – Pasar Senen. Kapasitas tempat duduk KA Taksaka ialah 400 sedangkan Mataram Premium mencapai 800 lebih. Kedua KA tersebut tercatat telah mulai beroperasi pada tanggal 3 April silam. 

Rangkaian kereta baru ini juga dinilai lebih bersih, nyaman serta bisa meredam suara secara lebih bagus. Tak heran jika para penumpang yang mencobanya merasa puas. Persiapan angkutan Lebaran 2018 juga mencakup penyelesaian lokomotif yang berjumlah 54 buah serta genset yang berjumlah 44 unit. Kini, tinggal 17 lokomotif yang akan digunakan dalam rangka mendukung angkutan Lebaran. Waktu maksimal bagi pengerjaan genset serta lokomotif adalah 25 Mei. Seluruh loko sudah harus keluar kecuali bagi loko yang masih dalam proses perawatan maupun general check up. Demikian informasi terkait tiket kereta mudik Lebaran 2018 dan tambahan rangkaian kereta baru. Diharapkan mudik Lebaran 2018 menggunakan moda transportasi kereta api akan semakin nyaman dan aman.
Previous
Next Post »
0 Komentar